Petani dan Sebuah Batu

Standard

Seorang petani membajak sawahnya dengan sebuah traktor. Di tengah sawahnya tersebut ada sebuah batu. Ternyata mata bajak traktor patah dengan batu itu..

Sang petani mengganti mata bajak dengan yang baru kemudian membajak sawahnya kembali. Kejadiannya tetap sama, mata bajak baru ini juga patah tak kuasa menghempaskan batu..

Sang petani tetap melakukan hal yang sama – mengganti mata bajak dan kembali membajak sawah, termasuk mencoba untuk menghempaskan batu tersebut. Beratus kali ia mencoba, hasilnya pun tetap sama: mata bajaknya patah dan batu tetap kokoh..

Sekarang sang petani sudah kehilangan ratusan mata bajak. Ia pun penasaran dengan batu tersebut dan memutuskan untuk turun, mengambil linggis dan mencongkelnya..

Betapa terkejutnya sang petani ketika mendapati kenyataan bahwa batu tersebut tidaklah besar. Bahkan batu yang telah mematahkan ratusan mata bajaknya tersebut tak terlalu dalam tertanam di sawahnya..

***

Masalah seringkali tidak sebesar apa yang kita pikirkan. Kita lebih banyak menghabisakan energi, waktu, dan pikiran untuk mengkhawatirkan suatu masalah dibanding mencari solusi dari masalah tersebut. Padahal jika dihadapi dan diselesaikan, ternyata ia tidaklah sesulit yang kita bayangkan..

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (Al Baqarah: 286)

Sebuah keniscayaan bahwa panggung kehidupan selalu dihiasi dengan dekorasi masalah dan tantangan. Mari mulai untuk tidak membesar-besarkan masalah supaya kita tidak larut dalam kekhawatiran. Nilai dengan wajar, kemudian hadapi dan selesaikan. Hadapi dengan senyuman :)

Saturday Nite –  Cempaka Putih,  26 Mei 2012 | 6 Rajab 1433H

[Ack] cerita di akhir kelas bahasa Arab oleh ustadz Ahmad

About these ads

6 thoughts on “Petani dan Sebuah Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s